Saturday, January 7, 2017

Choose an Author Reading Challenge 2017


Halo, selamat datang di Widy Bookie, salah satu blog buku yang banyak membahas buku-buku dari penulis Indonesia, namun blog yang satu ini jelas blog yang paling spesial.

Melihat beberapa feed, baik di twitter, aggregator BBI, ataupun dasbor blogger, aku sering menemukan berbagai reading challenge yang teman-teman buat. Banyak banget tema yang mereka usung, mulai tema yang mudah dijalani sampai yang bikin pusing duluan. Tahun lalu aku cuma ikut tantangan baca Goodreads, tercapai sih, karena aku memang cuma menargetkan 20 buku. Tahun ini aku kembali mengikuti Goodreads Reading Challenge dengan target yang kutambah menjadi 175%nya tahun lalu. Untuk RC yang lain, aku masih milih-milih dulu. Baru ada satu yang rencananya akan kuikuti.

Untuk tahun ini, tadinya aku punya project pribadi, yaitu membaca novel dari salah satu penulis yang karyanya belum pernah kubaca sebelumnya. Pengen bisa menganalisis lebih lanjut karya-karyanya, karena selama ini teman-temanku banyak yang membaca karyanya tapi aku belum pernah. Lama-lama aku berpikir, kayaknya asyik juga kalau aku bisa membaca pembahasan orang lain tentang penulis baru yang belum pernah mereka cicipi karya-karyanya. Nyari teman sih sebenarnya. Maka dari itu, aku memutuskan untuk menjadikan project pribadiku ini sebagai sebuah reading challenge.

RC kali ini aku mengusung tema Choose an Author Reading Challenge (atau yang akan kusebut dengan CARC 2017 -kenapa ada 2017nya? kan siapa tahu tahun depan aku bikin lagi-).


----------------KETENTUAN------------------


1. Choose an Author Reading Challenge berlangsung selama satu tahun. Mulai dari 07 Januari 2017 sampai 07 Januari 2018.
Kenapa 07 Januari? Karena yang punya blog suka sama angka 7 (penting).
Pendaftaran peserta dibuka dari 07 Januari 2017 sampai 30 November 2017.

2. Peserta harus mempunyai media untuk mengepos review buku. Boleh blog, Goodreads, atau Facebook. Untuk yang menggunakan blog, wajib memasang banner CARC2017 di sidebar dan menautkannya ke link postingan ini. 
Side-bar ya teman-teman, bukan bottom-bar.

bannernya

Untuk yang menggunakan Goodreads, wajib menambahkanku sebagai teman (klik di sini) dan membuat shelf khusus dengan nama CARC 2017. Untuk yang menggunakan Facebook, pastikan postingmu bisa dibaca publik.

3. Master Post bersifat opsional. Namun jika kamu membuatnya, jangan lupa pasang bannernya dan tautkan ke link postingan ini.

4. Mekanisme reading challenge adalah sebagai berikut:

- Pilih satu orang penulis yang sama sekali belum pernah kamu baca bukunya, tapi kamu tertarik untuk membaca karya-karyanya.

- Penulis boleh berasal dari negara mana pun.

- Kamu boleh membaca bukunya yang berupa fiksi, non fiksi, diterbitkan oleh penerbit mana pun, ditulis sendiri atau duet bersama penulis lain. Buku yang ditulis oleh penulis tersebut bersama dua, tiga, atau seribu penulis lain tidak dihitung.

- Baca buku-bukunya, dan hitung berapa buku penulis tersebut yang berhasil kamu baca hingga akhir tahun nanti.

Tentukan levelmu:
Parasetamol: membaca 1-3 buku
Ibuprofen: 4-6
Diklofenak: 7-9
Tramadol: 10-12 
Morfin: 13 atau lebih
(kenapa levelnya pakai nama obat? karena yang punya blog kuliah farmasi.)
(kenapa batas atasnya 13? biar horor aja.)

Siapa tahu ada yang mau nanya:
Kalau di tengah jalan ternyata penulisnya bukan my cup of tea, aku boleh ganti penulis nggak?
Boleh, tapi jumlah buku yang dihitung adalah buku milik penulis yang baru ya.
Aku sih nggak level kalau cuma satu penulis. Boleh ambil dua, tiga atau lima puluh sembilan penulis?
Boleh. Tapi banyak buku yang dihitung cuma dari penulis yang bukunya paling banyak kamu baca ya.

5. Peserta harus membuat review dari semua buku yang dibaca untuk CARC ini. Bisa di blog, Goodreads, atau note Facebook. Pastikan reviewmu disetting publik ya.

6. Wrap Up Post bersifat wajib, sebagai bukti bahwa kamu nggak bohong soal jumlah buku yang kamu baca. Aku lelah dibohongi, kawan, karena dibohongi itu melukai perasaan.
Peserta diharapkan untuk mengepos wrap up tanggal 30 Desember 2017-07 Januari 2018. Host akan dengan bahagia mengingatkan para peserta kok, tenang saja.

Di dalam wrap up ini, selain buku apa saja yang sudah kamu baca untuk reading challenge ini (jangan lupa sertakan link ke review buku tersebut), aku juga berharap peserta akan menuliskan kesan-kesan apa yang ia dapatkan setelah membaca karya penulis tersebut, apa saja ciri khas sang penulis, plus dan minusnya, dan hal-hal lain yang menurut peserta bisa disampaikan. Karena tujuan utamaku membuat project  ini adalah agar reviewer mengupas tuntas seorang penulis, biar orang-orang mulai mengenal penulis-penulis tersebut, dan penulis yang dibahas bisa makin dikenal publik.

7. Setiap post yang peserta buat untuk CARC 2017 ini (baik itu master post, review, ataupun wrap up) harap dishare di twitter dengan hashtag #CARC2017 dan mention @widywenny.
Peserta juga diharapkan memasukkan link reviewnya ke linky yang ada di bawah posting ini.

Btw, ini bukan syarat mutlak kok. Aku bikin ketentuan ini biar aku bisa ikut baca setiap post kalian aja. Btw lagi, itu akun twitterku juga boleh difollow lho #shamelesspromotion.
Oh ya, blogku juga jangan lupa difollow, biar bisa follow up soal CARC 2017 ini #beingmoreshameless.

8. Buku yang dibaca boleh digabung dengan RC lain.

9. Hadiah!
Buat peserta dengan jumlah capaian buku terbanyak akan mendapatkan hadiah istimewa dariku.
Dan ada hadiah misterius untuk peserta dengan kriteria yang masih misterius. Cekidot aja ya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mau daftar nih, Wen, gimana caranya?

Cukup tulis komentar di post ini dengan format:
Nama:
Akun twitter:
Email:
Alamat blog
(/facebook/goodreads, sesuai yang kamu gunakan untuk RC ini):
Penulis yang dipilih:
Level yang dipilih:

Setiap ada yang ingin kamu ubah (ganti penulis atau ganti level misalnya) silakan edit dengan merepply komentarmu ya.

Kalau aku sih, memilih Indah Hanaco sebagai penulis yang akan kubedah karya-karyanya, dan mengambil level diklofenak. Kalau kamu?

Masih ada yang ingin ditanyakan? Silakan komentar di bawah atau hubungi aku di twitter @widywenny


Selamat menjelajahi penulis-penulis baru ^^

Masukkan link reviewmu di sini:
(biar aku gampang kalau mau blogwalking huahaha)




.gif from here


17 comments:

  1. Wiih, seru nih kayaknya,aku ikutan ya mbak 😁

    Nama:Fatiah
    Akun twitter:@fatiah_nm
    Email:fatiahnurmadina@ymail.com
    Alamat blog: mewrimembaca.blogspot.com
    Penulis yang dipilih: Rick Riordan
    Level yang dipilih: Ibuprofen

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted! thanks udah ikutan ^^

      Delete
  2. Wedeeew.. Aku review karyaku sendiri aja kali ye hee.. Semoga sukses kuisnya, aku ga ikutan dlu mba soalnya banyak target d 2017 ini

    ReplyDelete
  3. Bookmark dulu. Seru nih challengenya

    ReplyDelete
  4. Wkwkw...mbacanya sampe kliyengan ya mbak..sampe list obat2an dimasukin :D wwkw--Aku ikut ngeramein aja deh :)

    ReplyDelete
  5. Waahh kereenn,jadi pengen juga nih. Biar blog bukuku aktif kembali. Tp bingung mau baca karya siapa ya??

    ReplyDelete
  6. aku ikutan ya
    nama : weni yuanita
    akun twitter : missw2n
    email : yuanitaweni@gmail.com
    blog :diaryofamissus.wordpress.com
    penulis : tere liye
    level : ibuprofen

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted. makasih udah daftar :D

      Delete
  7. Nama: Vinia Dayanti
    Akun twitter: @viniapurba
    Email: viniaww@gmail.com
    Alamat blog: tookbooktolook.blogspot.com
    Penulis yang dipilih: Mitch Albom
    Level yang dipilih: diklofenak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted. Wah mitch albom 😊😊😊

      Delete
  8. Nama: Nur Hafifah Aini
    Akun twitter: @yuki_yuchan
    Email: justmeyuki@ gmail . com
    Alamat blog : yukiyuchan.blogspot.com
    Penulis yang dipilih: Ayu Utami
    Level yang dipilih: Tramadol

    ReplyDelete
  9. Ini format bukunya bebas kah? Maksudku bisa buku fisik dan e-book?

    ReplyDelete
  10. Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter: @Bintang_Ach
    Email: bintangpermata45@gmail.com
    Blog: www.ach-bookforum.blogspot.co.id
    Penulis yang Dipilih: Akiyoshi Rikako
    Level yang Dipilih: Ibuprofen (4-6 buku)

    ReplyDelete
  11. Nama: Nisa Rahmah
    Akun twitter: @niesya_bilqis
    Email: rahmah977@gmail.com
    Alamat blog: http://resensibukunisa.blogspot.co.id/
    Penulis yang dipilih: Colleen Hoover
    Level yang dipilih: Tramadol

    ReplyDelete

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...