Tuesday, February 7, 2017

[Review] Simon Vs The Homosapiens Agenda


Judul: Simon Vs The Homosapiens Agenda
Penulis: Becky Albertalli
Penerjemah: Brigida Ruri
Penebit: Spring
ISBN13: 9786026044303
Tanggal terbt: 6 Jariari 2017
Tanggal baca: 6-7 Februari 2017
Jumlah halaman: 322

"Tapi aku capek mencoba terbuka. Semua yang sudah kulakukan adalah menjadi terbuka. Aku mencoba tidak berubah, tapi aku terus berubah, di setiap langkah kecilku." -hal. 62-

Semua berawal dari sebuah post di akun Tumblr Creeksecrets. Simon penasaran tentang siapa penulis post tersebut. Hingga ia memberikan alamat surelnya, dan setelah seminggu yang panjang, penulis post itu menghubunginya. Blue, penulis post itu menyebut dirinya sendiri, akhirnya menjadi teman berkirim surel dengan Simon. Blue ada di sekolah yang sama dengan Simon, tentu saja, namun mereka tidak pernah saling mengetahui identitas asli masing-masing.

Tebakanmu benar. Mereka berdua gay. Dan setelah korespondensi panjang lewat surel, mereka saling tertarik.

Tertarik pada orang yang belum pernah kamu temui dan tidak kamu ketahui identitasnya? Ya, itu terjadi pada mereka.

Namun hari itu datang: hari di mana Simon lupa keluar dari akun surelnya dan Martin membaca serta mengambil screenshot percakapannya dengan Blue. Martin, yang ternyata menyukai Abby, teman dekat Simon. Martin pun memeras Simon: Simon harus membantu Martin mendekati Abby, atau seluruh dunia akan tahu tentang orientasi seksual Simon.
Dan Blue.


Benar, Simon merasa diperas oleh Martin yang caranya mendekati Abby bahkan sangat mengerikan.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Ketika membaca sinopsis di sampul belakang buku ini, fokusku tertuju pada dua kata: gay dan SMA.

Maksudku, sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir yang tengah berjuang setengah mati biar nggak harus bayar uang kuliah semester sembilan, aku sudah cukup lama melewatkan masa-masa membaca novel dengan tokoh utama siswa SMA. Bukan karena aku sudah merasa terlalu tua untuk itu (walaupun... iya juga sih.), namun karena aku merasa cerita cinta SMA cenderung gitu-gitu aja. Tokoh dengan rentang usia sekian belas tahun pada dasarnya memiliki formula yang sama: cinta (dan obsesi tertentu untuk mendapatkan orang yang dicintainya), kehidupan tokoh utama dengan sahabat-sahabatnya, dan masalah biasa saja yang akan jadi 10 kali lebih rumit jika tokoh itu yang menjalaninya.

Namun, cerita siswa SMA ini tetap menarik untuk dibaca, bagaimanapun temanya standar. Fresh, mudah diikuti, entertaining.

Dan yang membuat cerita ini apik ketika dibawakan oleh Becky Albertalli adalah karena ia mengajak pembaca mengikuti cerita ini lewat sudut pandang Simon.

Sudut pandang orang pertama adalah sudut pandang favoritku sepanjang masa, di mana dengan sudut pandang ini, karakter utama terasa sangat hidup. Aku suka Simon yang cuek, tetap bodo amat walaupun mengalami hal-hal aneh sepanjang cerita. Tadinya aku pikir Simon akan pusing tujuh keliling dan mengeluh panjang lebar begitu berurusan dengan Martin, tapi, hai, dia menanggapinya dengan cara yang menurutku cool. Aku suka cowok cool, tipe pacar idaman banget. Tapi sayangnya dia gay ya?

Begitulah realita, sekarang cewek nggak cuma harus bersaing sama sesama cewek kalau pengen dapet cowok keren . *ngacir*

Dan, ya, Simon yang cool dan sebagainya ini memang gay. Itulah mengapa novel ini berbeda dan aku tertarik untuk membacanya. Dia menyadari orientasinya ini setelah beberapa kali pacaran, dengan cewek. Namun ia akhirnya bertemu Blue, teman laki-laki yang entah siapa dia sebenarnya, namun berhasil membuat Simon begitu terbuka tentang segala hal, termasuk kenyataan bahwa ia gay. Dan kenyataan bahwa ia tertarik pada Blue, yang sekali lagi, entah siapa dia sebenarnya.

Mereka berkomunikasi lewat surel, dan aku menyukai isi surelnya. Polos, khas remaja, dan berisi bagian dari cerita.

Pertanyaan terbesar yang perlu dijawab tentu saja adalah siapakah Blue di dunia nyata. Apakah ia orang yang selama ini dekat dengan kehidupan Simon, atau justru orang baru yang sama sekali asing? Penulis tentu saja sudah memberikan clue. Uniknya, entah ini hanya berlaku padaku atau memang memberikan efek yang sama ke banyak pembaca, aku hanya penasaran dengan identitas Blue di awal cerita. Semakin lama, aku beranggapan bahwa biarlah Blue tetap menjadi Blue.

Ngomong-ngomong soal Blue, gimana kalau kita dengerin Blue dulu?
(ngantar T.O.P pergi wamil, ceritanya. abaikan kalau kamu nggak suka Bigbang.)
(tapi, halo, siapa yang nggak suka Bigbang jika sudah mendengar penampilan livenya?)
(fangirling)

Dan, kembali lagi ke Martin, orang pertama yang mengetahui kenyataan bahwa Simon gay. Menurutku caranya memeras Simon justru kurang, eng, brengsek. Aku suka tokoh antagonis jahat, tentu saja. Tipikal penyuka sinetron emak-emak. Hahaha...

Selain soal kisah cinta, Simon Vs The Homosapiens Agenda juga menceritakan kepada pembaca tentang interaksi tokoh utama dengan teman-teman dan keluarganya. Keluarga ini bisa dibilang gila namun sangat berkarakter dan begitu mudah dicintai. Sementara sahabat-sahabat Simon, walaupun interaksi mereka tidak bisa dikatakan sebagai friendship goal atau hal-hal drama semacam itu, namun kalau pembaca mau mengamati lebih lanjut, banyak hal yang bisa diambil dari keempat orang ini.

Tentang bagaimana mengenal sahabatmu lebih dalam, misalnya.
Atau bagaimana persahabatan bukanlah sesederhana siapa yang kau beritahu dulu maka kau menganggapnya sebagai sahabat yang lebih dekat.

"Ada sebagian besar dari diriku yang sedang kuuji coba. Dan aku tidak tahu bagaimana bagian diriku berjalan selaras. Bagaimana aku harus menjalaninya. Ini seperti versi baru diriku. Aku hanya perlu seseorang yang bisa menemaiku menjalaninya." -hal. 302-
Dan soal label novel dewasa yang ada pada novel ini, tidak berarti ada adegan aneh-aneh. Hanya saja memang nggak semua tema bisa dikonsumsi oleh yang belum dewasa. Homoseksual, misalnya.


Rating: ⭐⭐⭐⭐

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





Aku, kamu, Afika dan tentu saja Simon, suka Oreo. Simon bisa saja sarapan dengan Oreo dan makan siang dengan bubur Oreo. Aku suka membuat puding Oreo. Teman sekamarku waktu di asrama selalu nyetok Oreo sekardus untuk dimakan bersama es krim atau susu hangat.

Dan Penerbit Spring pun jelas jatuh cinta pada Oreo. Karena itu, penebit ini akan memberikan merchandise berupa bookmark Oreo buat kamu yang beruntung. Mau? Bener? Mau? Yuk ikutan giveawaynya!

Syarat:
1. Follow blog Widy Bookie lewat Google Friend Connect atau email. Tombolnya ada di sidebar.
2. Follow juga akun twitter @penerbitspring dan @widywenny.
3. Share link post ini dengan mention @penerbitspring, @widywenny dan #SimonBlogtour.
4. Komentar di post ini dengan format:
Nama:
Akun twitter:
Link Share:
Domisili:
Jawab pertanyaan ini: Varian rasa Oreo apa yang paling kamu suka?
5. Giveaway berakhir tanggal 11 Februari 2017 pukul 23:59:59

Semoga beruntung 😊


UPDATE
PEMENANG: NURUL ASTRI - TANGERANG
Omedetou ^^



creds: lovethispic


42 comments:

  1. Nama: rico martha
    Akun twitter: @richoiko
    Link Share: https://twitter.com/richoiko/status/828821286755328000
    Domisili: blitar
    Jawaban: varian oreo yang rasa blueberry ice cream. sensasi dinginnya jadi greget. lah kan jadi mupeng. slurp :9

    ReplyDelete
  2. saya juga pengen ikut nih, coba ah...

    ReplyDelete
  3. Nama: Aya Hans
    Twitter: @jeruknipisanget
    Link: https://twitter.com/JeruknipisAnget/status/828823498688598016
    Domisili: Tangerang

    Jawabannya: Oreo Double Delight rasa choco hazelnut. Rasanya paling enak makan ini dengan milkshake cokelat dengan es krim diatasnya. Apalagi pas makan Oreo itu bisa bareng orang yang kusuka. Walaa.. Sempurna hidupku.

    Hazelnut menggambarkan sosok dia yang punya rasa unik dan tidak tergantikan. Sementara cokelat menggambarkan sifat dia yang terkadang manis dan lucu. Seperti itulah kisahku, dia dan Oreo ini. :D

    ReplyDelete
  4. Nama: Rosi Eksa
    Akun twitter: @arthms12
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/828825739386515461
    Domisili: Bandung
    Jawaban: suka banget rasa ice cream! ((Tapi sebenernya lebih pilih ice cream oreo daripada oreo biskuit)) hihiπŸ˜‚

    ReplyDelete
  5. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/828829127444541440
    Domisili: Jakarta
    Jawaban: paling suka yang original(vanila), rasa coklat dan krimnya pas.

    ReplyDelete
  6. Nama : Riza Putri Cahyani
    Akun twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/828839174098673664
    Domisili : Bogor
    Jawaban : Aku suka bgt dgn oreo rasa cokelat, red velvet dan lemon twist. Emang sih yg red velvet dan lemon twist itu limited edition dan aku cuma pernah ngerasain sekali pas dibawain sama temen papaku yg kerja di pabrik oreo, tapi rasanya itu enak bgt dan bikin ketagihan. Semoga dua varian rasa itu dikeluarin lagi.

    ReplyDelete
  7. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun twitter: @san_Fairydevil
    Link Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/828859233743429632
    Domisili: Surakarta

    Jawab pertanyaan ini: Varian rasa Oreo apa yang paling kamu suka? Rasa Root Beer sama yang rasa ice cream strawberry. Walaupun yang Root Beer itu limited edition. Kebetulan dapet.

    ReplyDelete
  8. wah harus ikutan...follow dulu deh :D

    ReplyDelete
  9. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/828876884578598913
    Domisili : Aceh

    Jawaban :

    Oreo favorit aku, Oreo dengan krim rasa bir. Hehehe..
    Walaupun stock nya jarang ada di daerah aku, tapi sekalinya ada pasti langsung di borong deh. Lumayan buat camilan baca buku

    ReplyDelete
  10. Novi Andriyani3:18 PM

    Nama: Novi Andriyani
    Twitter: @kysmpnvii
    Link share: https://twitter.com/kysmpnvii/status/828869036259676160
    Domisili: Bandung
    Jawaban:
    Awalnya suka rasa Cokelat tapi setelah nyoba oreo Ice Cream Blueberry jadi ketagihan sama rasa yang satu itu, sensasinya beda waktu nyentuh lidah xD

    ReplyDelete
  11. Nama : Dhen Sarinda
    Akun twitter : @dhen_yoiyoi
    Link Share : https://twitter.com/Dhen_yoiyoi/status/828880300478386180
    domisili : Sidoarjo
    Jawaban : aku paling suka yang double stuf oreo yang original(vanilla) hehe

    ReplyDelete
  12. Nama: Rimadian Ulfa Y.
    Akun twitter: @AdinRim
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/828890140776951809?p=v
    Domisili: Temanggung, Jateng
    Jawaban: aku suka varian vanila, masih ori plus rasanya simpel, nggak kemanisan.

    ReplyDelete
  13. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/828910848437411840
    Domisili :Lampung Tengah

    Aku paling suka Oreo Coconut Delight.Ya walaupun masih tergolong baru, tapi rasanya unik. Manis dan ada asin-asinnya gitu. Rasa khas kelapa benar-benar terasa di tiap gigitannya, malah seperti makan kelapa dalam wujud yang sudah diparut. Recomended buat para pecinta olahan kelapa maupun yang ingin mencoba karena kemasannya yang menggoda. Selamat mencoba :D

    ReplyDelete
  14. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/828919174634180608
    Domisili: bogor tengah

    Aku lebih suka rasa Ice Cream Blueberry sama Vanilla, yang Ice Cream Blueberry enak banhet kalo dibuat milkshake sensasi dinginnya greget

    ReplyDelete
  15. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/828917001020067841
    Kota: Cirebon

    Saya suka Oreo Sandwich Cokelat Krim Rasa Ice Cream Strawberry. Soalnya pas makan varian ini, ada sensasi dinginnya juga. Persis kayak es krim. Hehe

    ReplyDelete
  16. Nama : Seffi
    Twitter : @seffiii
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/828929304893349888
    Domisili : Bandung


    Jawaban : aku suka sama yang Vanilla, kayanya lebih cocok aja sama kue oreo nya. Rasa nya juga pas hehe :))

    ReplyDelete
  17. Nama: Nurul Astri
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/828963461195378689
    Domisili: Tangerang

    Filled cupcake oreo. Ah, itu bener-bener enak banget! Perpaduan antara vanila dan coklat yang terasa pas untuk dijadikan cemilan. Apalagi kalau makannya ditambah dengan ice cream oreo. Duh, nggak kebayang bakalan senikmat apa! XD

    ReplyDelete
  18. Bety Kusumawardhani9:05 PM

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114
    Link Share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/828878437842513921?p=v
    Domisili: Surakarta
    Jawaban: Aku suka varian oreo rasa Coklat dan Vanila.

    ReplyDelete
  19. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Akun Twitter: @MayaElfianiY
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/829051784668647426
    Domisili: Palembang
    Jawaban: Rasa oreo favorit itu rasa cokelat. Karena kalo menurut lidahku rasa cokelat itu gak bikin enek πŸ˜€

    ReplyDelete
  20. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/829165213127553025
    domisili: Sidoarjo

    jawaban:
    tanpa pikir panjang dan tanpa perlu meditasi, jawabanku jatuh pada varian rasa orange oce cream dan stroberi. rasa dingin dan asam yg ditimbulkan memiliki sensasi ketagihan. tp gak menutup kemungkinan rasa yg lain juga enak enak kok. namun favoritku adalah Stroberi dan orange ice cream.. nyam nyam

    ReplyDelete
  21. Nama : Mifta Rizky W
    Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/829216669696417792
    Domisili : Gresik

    Jawaban : Paling suka varian rasa oreo triple double chocolate, sekali gigit rasa coklat dan vanila meleleh di mulut.

    ReplyDelete
  22. Nama:Femmy Adis
    Twitter :@FemmyAdis
    Link share :https://twitter.com/Femmyadis/status/829336260636348416
    Domisili :Bogor

    Jawaban : aku suka varian vanila, chocolate, dan coconut delight.
    Rasanya bikin nagih. Apalagi kalau dimakannya pake susu sebelum berangkat sekolah☺️ Top-markotop

    ReplyDelete
  23. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/829013142298517504?p=v
    Domisili : Purwakarta

    Jawab pertanyaan ini: Varian rasa Oreo apa yang paling kamu suka?


    Aku suka yang original (vanila) sama yang coklat. Suka yang original karena walau aku ga suka dan ga pernah suka sama vanila sejak kecil, pengecualian buat yang satu ini. Dulu, pertama kali makan ini agak ragu, udahnya #ehh malah ketagihan. Aroma dan rasa vanilanya ga bikin efek sebal di lidah. Buat yang coklat, tentu saja karena aku penggila coklat sejak kecil. Entah itu makanan, minuman, camilan, bahkan warna sekalipun, coklat is my favorite. Coklat yang bener-bener coklat, tanpa tambahan susu putihnya. Cara makannya sih sama, diputar-dijilat dulu sampe abis krimnya- baru dicelupin ke susu deh, hehehe :D

    ReplyDelete
  24. Nama: F.J. Ismarianto
    Twitter: @FJrean
    Tautan: https://twitter.com/FJrean/status/829370882883678209
    Varian oreo yang disuka: es krim. Dan strawberry. Dan cokelat. Dan ... yang gratis xD

    ReplyDelete
  25. Nama: Kitty
    Akun twitter: @WoMomFey
    Link Share: https://twitter.com/WoMomFey/status/829439205105299457
    Domisili: Jakarta

    Varian rasa Oreo apa yang paling kamu suka?
    >> meskipun Oreo punya banyak sekali varian rasa, aku tetap setia sama Oreo Original!^^ Dan payahnya, sejak aku punya 2 anak balita, aku semakin sering deh konsumsi Oreo karena hampir tiap hari anak-anakku itu nyemilnya Oreo. Ya emaknya sih tinggal ikutan nimbrung ajah! Hohoho

    ReplyDelete
  26. Nama: Ashan He
    Akun twitter: @Ashannography
    Link Share: https://twitter.com/Ashannography/status/829458194548158465
    Domisili: Bandung
    Jawaban: Varian rasa vanila. Nggak tahu kenapa, tapi setiap beli oreo selalu ngambil yang rasa ini sekali pun dempetan sama varian rasa yang lain. Semacam udah jadi kebiasaan dari dulu sih. Eh, kalo gitu bisa dibilang favorit nggak ya. :)

    ReplyDelete
  27. Nama: Wening
    Twitter : @dabelyuphi
    Share : https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/829222735435948032

    Sejauh ini Oreo punya banyak varian, tapi aku baru mencoba beberapa diantaranya. Walaupun lebih suka sama rasa yang berembel-embel ice cream, tapi favoritku tetap yang rasa original. Apalagi kalo makannya ditambah saus sambal di atas krim putihnya, rasanya bener-bener bikin nagih.

    Oke, ini mungkin terdengar aneh makan oreo pakai saus, tapi serius rasanya beneran enak kok 😁

    ReplyDelete
  28. Nama: Desita Wahyuningtias
    Akun twitter: @desitaw97
    Link Share: https://twitter.com/desitaw97/status/829470735538151424
    Domisili: Surakarta

    Varian rasa Oreo apa yang paling kamu suka?
    Original. Rasa yang murni enaknya, always & forever.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Nama: Rhena Indria
    Twitter: @indriaHR
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/829471963550593024
    Domisili: Bandung
    Jawaban: Paling suka rasa Ice Cream Blueberry. Jujur waktu ada rasa baru oreo ini, yang waktu itu iklannya Afika wkwk pake jaket tebel itu dan iklannya pun jadi viral, aku langsung cari ke minimarket terdekat aaand surprise! wkwk aku jadi ndeso karena berpikir kok bisa ya rasanya kayak gini, ada dingin2nya gitu. Makanya sejak saat itu, Oreo rasa Ice Cream Blueberry ini jadi favorit aku menggantikan Oreo original wkwk

    ReplyDelete
  31. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://mobile.twitter.com/RiniCipta/status/829652840775839744
    Malang

    Paling suka Oreo Double Delight Cokelat-Kacang. Kebayang dong kalau dua rasa favoritku ini menyatu dalam satu biskuit sandwich yabg lumer dalam mulut? Yummy!

    ReplyDelete
  32. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Link share:https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/829771632935784448
    Domisili: Semarang
    Jawaban: Varian oreo yg aku suka? wkwk makan dikit aja udah pusiingg. But dari sekian banyak oreo, aku suka yg rasa eskrim. Selain enak, itu juga membuat tenggorokan jadi dingin gituu

    ReplyDelete
  33. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Aceh
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/829847374356836352

    Aku paling suka varian rasa oreo yang coconut delight, karena suka banget sama makanan yg olahan kelapa.

    ReplyDelete
  34. Nama: Selvia Sari
    Twitter: @vyselvia
    Link share: https://twitter.com/vyselvia/status/829888116034932739
    Domisili: Malang
    ---
    Varian Oreo favorit --->>> vanila! Emang enak yang original gini. Vanilanya berasa, manisnya pas. Paling suka yang ini dibanding yang lainnya. πŸ˜„

    ReplyDelete
  35. Nama : Suci Rahmawati Ramadhan
    Twitter : @suci_ramadhan21
    Link share : https://twitter.com/suci_ramadhan21/status/830043930313908225
    Domisili : Lampung

    Varian Oreo favorit yang rasa original! Krim sama cokelatnya, pas. Suka aja dibanding yang lain. Sekali suka sama satu varian, ya beli varian ituuuuuuu terus hehe.

    ReplyDelete
  36. Nama: Winda Scorfi
    Twitter: @windascorfi
    Link: https://twitter.com/windascorfi/status/830347787485057024
    Domisili: Surabaya
    Varian Fav: Oreo Ice Cream Flavor, aku suka sensasi adem.nya, nyessss gitu, xoxo

    thanks for the chance, wish me luck! 😊

    ReplyDelete
  37. Nama: Afifah Mazaya
    Akun twitter: @afifahmazaya
    Link Share: https://twitter.com/afifahmazaya/status/830426549773963264
    Domisili: Bogor
    Jawab: original alias vanilla. Apa pun yang terjadi, semua rasa original tetap jadi pilihan utama.

    ReplyDelete
  38. Nama : Nur Azizah
    akun twitter : @azizah_0271
    Link share :https://twitter.com/azizah_0271/status/830427794546913280
    Domisili : Indramayu-jawabarat

    Jawaban : Oreo rasa karena rasanya dingin walaupun tanpa disimpan dilemari es sama oreo double delight kacang-coklat karena aku suka coklat dan kacang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oreo rasa ice cream karena rasanya dingin walaupun tanpa disimpan dilemari es sama oreo double delight kacang-coklat karena aku suka coklat dan kacang

      Delete
  39. Nama : Fridalia Septiarini H
    Akun twitter : @frdliash
    Link share :https://mobile.twitter.com/frdliash/status/830433491112251392
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Jawaban :
    Sebenernya ga ada rasa khusus yang aku suka. Karena jujur walaupun aku suka banget oreo. Ak jarang banget makan creamnya, aku cuman makan biskuit yang warna hitamnya aja hehe. Biasanya creamnya ak limpahin ke temen-temen aku. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aku aja krimnya.....
      ._.

      Delete
  40. Walah .. Terlambat..!! Selamat buat para pemenang haahh

    ReplyDelete

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...