Monday, April 10, 2017

Mengenal Lebih Dekat Sosok Bintang (from Ach's Book Forum)



Ya ampun, debu-debu apa ini?
*ambil sapu* *bersih-bersih dasbor*

Minggu ini bakal ada yang beda dari blog anak-anak BBI. Minggu ini kami merayakan ulang tahun BBI dengan #BBIHUT6 Marathon. Untuk yang pengen tahu lebih detail tentang event ini, bisa tengok di link ini.



Ada tujuh tema yang BBI berikan untuk marathon ini, dan hari ini saya mengambil tema soal "Berkenalan dengan BBI-ers Baru". Sebagai BBI-ers tua tapi pasif (hehe) yang kurang pergaulan dengan generasi baru kebanggaan bangsa, saya sempat scroll-scroll cantik following di twitter, berharap mendapat inspirasi perihal siapa BBI-ers dengan nomor anggota kepala 16 atau 17 (masuk menjadi anggota BBI tahun 2016/2017) yang beruntung karena akan berkesempatan untuk numpang eksis di blog saya. Tapi, hei, kayaknya dulu saya pernah pengen ngewawancarai salah satu blogger tapi belum pernah kesampaian kan ya? Setelah saya cek nomor ID blogger yang bersangkutan, hehe, akhirnya kesempatan itu datang!





Salah satu blog anggota BBI yang sering saya sambangi adalah Arch's Book Forum dengan Bintang Permata Alam sebagai penulis blog tersebut. Selain karena blognya aktif banget dan buku-buku yang direview (sebenarnya) cocok dengan selera saya, konten blognya juga bagus. Gaya penulisannya asyik, nggak berat, tapi nggak berantakan juga (kayak isi blog saya) (ditabok). Dan, yang asyik, Arch's Book Forum sering jadi host blogtour, cocok buat kamu para ordo buntelan (#mentalgratisan) 😆😆😆.

Dan, sekali lagi, saya sebenarnya udah menunggu kesempatan untuk mewawancarai Bintang dan akhirnya kesempatan itu datang juga.

Jadi, gimana, udah siap kenalan sama Bintang?
Keterangan:
Pertanyaan dari saya.
Jawaban Bintang.
(Keterangan tambahan dari saya. Nggak penting sih, tapi ya udah sih baca aja biar saya senang.)

penampakan terdakwa
Bintang @ Arch's Book Forum

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Halo Bintang, boleh dong perkenalkan diri kamu ke pembaca blogku. Yang lengkap ya, mulai dari nama, hobi, kesibukan, sampai nama pacar. *eh*

Halo Kak Wenny! Halo teman-teman pembaca Widy Bookie, perkenalkan namaku Bintang Pertama Alam. Senang sekali nih bisa diberi kesempatan untuk eksis di blog sesama BBI ers, dan tahu gak, ini pertama kalinya ada blogger yang mau interview aku loh, hehe (ya ampun, entah mengapa saya merasa begitu tersanjung). Jadi makasih buaangeet buat si empunya blog, aku bisa jadi makin eksis de, hahaha. Sama seperti Kak Wenny, aku juga seorang blogger buku. Kalian bisa menemukan tulisan-tulisanku di www.ach-bookforum.blogspot.co.id. Tapi karena sekarang aku sedang disibukkan dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), jadi mohon maaf kalau selama satu setengah bulan belakangan ini, aku jarang update di blog, huhuu jadi maluu (ih saya juga sibuk skripsian makanya pas buka blog tadi kok debunya banyak amat). Dan setelah kalian tahu kalau aku juga seorang blogger buku, pasti juga tahu dong apa hobiku? Ya, tentunya membaca (novel khususnya) dan menulis (di blog).

What? Pacar? Oh, nggak kok. Aku mah free, hoho. Hayooo, siapa yang mau taken? *kedip kedip*.
(siapa tahu ada laki-laki 22-25 tahun, single, dan sholeh yang baca tulisan ini; saya juga free dan mau ditake.)


Kamu suka baca genre apa sih? Terus penulis favorit kamu siapa?

Kalau kalian pengunjung setia blogku, pasti tahu dong aku penggemar novel genre apa? Yup bener, ada 3 genre yang aku favoritkan; thriller, horor, dan misteri.
*Loh Tapi Bin, kok review yang di blogmu banyakan novel romance?*
Nah itu masalahnya, meski penggemar novel thriller dan sejenisnya, justru yang banyak eksis di rak bukuku adalah novel bergenre romance. Karena memang awalnya aku juga suka banget dengan novel-novel romance, terutama lokal. Wishlist ku pun sebenarnya banyak dari genre novel tersebut. Tapi, emang bener, semua itu ada masa di mana kita merasa bosan. Dan itulah yang sedang aku alami saat ini.

Banyak membaca novel romance bukan berarti aku selalu enjoy dengan apa yang aku baca tersebut, justru yang terjadi adalah aku ingin mencari sebuah pelarian (ahseekkk) untuk keluar sejenak dari genre yang menurutku sudah agak membosankan itu. Dan karena aku tipe pembaca yang menyukai jenis cerita tegang, jadi untuk saat ini aku lebih enjoy untuk baca-baca novel yang sejenis thriller dan horor. Tapi ya nggak menutup kemungkinan sih kalau aku akan baca novel-novel romance lagi. Intinya, keempat genre inilah yang paling love-able banget buat aku, hehe.
(sedangkan saya masih asyik-asyik aja baca romens haha)

Untuk penulis favorit, dari lini romance aku mengidolakan Windry Ramadhina dan Bernard Batubara. Kalau dari lini horor/misteri/thriller, ada Ruwi Meita dan Akiyoshi Rikako. Dan oh ya, the one and only, penulis lintas genre: Tere Liye :D


Ada nggak sih satu buku yang benar-benar jadi favoritmu sepanjang masa? Kalo ada, kenapa kamu suka banget sama buku itu?

Satu aja ya? Kenapa nggak dua, tiga, atau empat? Hehe. Karena memang sejauh ini, buku yang berkesan dan aku favoritin itu banyak banget.

Ok, gimana kalau aku sebutin dari setiap lini/genre favorit aku? Kalau dari romance, ada Ayat Ayat Cinta dari Kang Abik, Somewhere Only We Know dari Alexander Thian, dan Angel in The Rain dari Windry R, dan masih banyak lagi. Kalau dari lini horor/thriller/misteri, ada Misteri Patung Garam dari Ruwi Meita, dan Girls in The Dark dari Akiyoshi Rikako.

Untuk novel favorit sepanjang masa sendiri, aku pilih Pulang dari Tere Liye. Kenapa? Mungkin sudah sering ya aku sebutin alasannya kenapa aku ngidam-idamin banget novel ini, jadi kalian baca sendiri saja di sini, ya >> http://ach-bookforum.blogspot.co.id/2016/02/book-review-pulang-tere-liye_21.html,


Pertama kali kenal BBI dari mana sih? Share dong gimana ceritanya sampai kamu bisa jadi member BBI?

Pertama kali tahu BBI, pas dulu masih lagi demen-demennya ikut giveaway di banyak blog, salah satunya di blog Mba Atria Sartika. Dari situ, aku lihat ada logo BBI. Setelah lihat itu aku jadi penasaran banget, kira-kira BBI ini apa sih? Setelah berjalan cukup lama, dan kenalanku makin banyak dengan para pembaca dan blogger buku, aku jadi tahu apa itu BBI, atau Blogger Buku Indonesia. Dari situlah, muncul rasa ketertarikanku untuk mendaftar juga jadi member BBI.

Saat itu, aku sudah punya Ach’s Book Forum, tapi isinya masih campur aduk. Ada artikel dan resensi tentang buku, dan ada juga bahasan-bahasan di luar itu. Karena keinginanku untuk jadi member BBI besar banget, jadi aku rela untuk hapusin semua postingan yang tidak berkaitan dengan buku, dan mulai memperbanyak postingan tentang segala hal yang berkaitan dengan buku. Dan akhirnya, pada Januari 2016 kemarin, BBI membuka rekruitmen untuk pendaftaran anggota baru. Karena blogku memenuhi semua persyaratan, jadi tunggu apalagi? Aku daftar, dan Alhamdulillah sekitar satu bulan setelahnya ada email yang masuk dari divisi BBI yang memberitahukan bahwa aku diterima! I’m proud to be part of this family!
(me too! me too!)


Apa aja sih hal positif yang udah kamu dapet sejak gabung ke BBI?

Banyak sekali. Antara lain, tentu bisa mendapat banyak teman yang bisa klop dan nyambung sama kita. Jadi gini, di lingkunganku, orang yang suka baca buku itu jarang banget. Jadi, kadang saat aku ingin curhat atau sekadar bicara tentang buku atau apa pun yang berkaitan dengan itu, aku enggan dan takut. Takut kalau misal mereka menganggap aku aneh, nggak asyik, dan takut karena mereka pasti ujung-ujungnya ngebatin gini; ‘ih, apaan sih?’ Kebanyakan teman-temanku nggak ada yang klop dengan topik seperti itu. Kalau pun ada, hanya satu dua orang saja. Golongan orang pembaca buku masih minoritas banget. Setuju nggak? Jadi saat aku bisa gabung dengan BBI, dan bisa dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki kesukaan sama denganku, tahu dong apa yang dirasain?

Selain itu, hal positif lain yang bisa didapat selama menjadi member BBI adalah aku bisa memiliki motivasi yang lebih besar lagi untuk menulis. Ok, jadi gini, dalam BBI aku punya prinsip seperti ini; saat aku lagi malas menulis, aku harus ingat kalau bergabung dengan BBI adalah resolusi terbesarku. Berbekal prinsip itulah, aku memacu diriku untuk lebih banyak menulis lagi. Jadi saat aku lagi dalam kondisi MALEZ BANGETZ, aku selalu ingat-ingat prinsip itu. Meski setelahnya aku nggak langsung buka laptop dan nulis, tapi setidaknya keinginan untuk nulis itu tetap ada.


Aku sering jalan-jalan ke blog kamu lho, soalnya blogmu aktif banget hehe (memandang blog sendiri dengan sedih). Kasih tips dong biar blog bisa hidup dengan baik dan sejahtera (nggak kayak blogku ini).

Woah makasih banget loh Kak Wenny sudah jalan jalan ke Ach’s Book Forum hehe.

Agar blog bisa sejahtera—seperti yang Kak Wenny bilang—sebenarnya itu tergantung pada orangnya masing-masing. Aku gak bisa bilang Kakak harus ngelakuin ini itu, atau yang lain. Karena selama ini aku menghidupkan blogku berdasarkan selera dan inovasiku sendiri. Dan, selera orang beda beda bukan? Jadi, apa yang aku lakuin, belum tentu cocok orang lain lakuin, terutama Kak Wenny.

Tapi sedikit tips saja, mungkin Kak Wenny bisa lebih mempercantik blog dari segi konten—itu yang terpenting. Secantik apa pun tampilan blog, kalau nggak pernah nulis atau kontennya monoton, maka juga akan memengaruhi eksistensi blog itu sendiri (masukin blog ke beauty class).
Tapi menurutku blognya Kak Wenny bukannya udah oke ya? Hampir setiap hari aku lihat share-share postingan di twitter? Aku aja jarang promosiin postingan rutin gitu. Paling-paling promo juga pas masih anget gitu (baru diterbitkan).

Selain itu, coba Kak Wenny bermain kreativitas. Mungkin dengan menambah rubrik-rubrik baru (kalau ada waktu luang) yang sekiranya asyik untuk diikuti visitors. Bisa juga loh Kak bikin rubrik dengan blogger-blogger lain gitu, kolaborasi istilahnya. Tapi sejauh ini, Kak Wenny kan juga punya CARC, itu sudah keren kok (mau tahu CARC itu apa? cek di sini). Apalagi itu Reading Challenge yang beda dari yang lain, dan Kak Wenny adain sendiri. Tahu nggak, karena Kak Wenny, aku tahun depan juga pengin bikin RC tahu, hehehe.

Jadi intinya, blog kita sama-sama sejahtera kok. Hanya saja, kita terlalu fokus dengan apa yang dimiliki orang lain. Rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri, begitu istilahnya (pacar orang selalu tampak lebih tampan dari pacar sendiri. eh. bisa disamain nggak sih?) (apasih wen, punya pacar aja enggak). Ya, kan? Pokoknya kuncinya cuma satu, percaya diri.  Semangat ya kk!


Kasih aku rekomendasi satu novel yang menurutmu bagus buat kubaca setelah selesai skripsian dong (maafkan pertanyaan saya wkwk).

Kondisinya kan sekarang kakak lagi skripsian, pasti rasanya pusing, sibuk, dan banyak kerjaan gitu kan ya? Jadi, mungkin buku yang cocok untuk Kak Wenny baca setelah itu adalah buku-buku atau novel yang bersifat hiburan. Aku mau rekomendasiin sebuah buku, tapi aku sendiri belum baca buku ini sih. Tapi, berdasarkan review dari banyak blogger, ceritanya easy to read, fun, teenager banget, banyolannya seru, dan tentunya menghibur. Dan tahu nggak, ini ditulis sama anggota BBI angkatan 17 loh. Ya, member baru tahun ini. Aku pengin banget baca buku itu, hehe.

Judulnya, The Number You’re Trying to Reach isn’t Reachable dari Adara Kirana. Dilihat dari judulnya aja, udah unik kan? Mungkin tokoh utama novel ini adalah seorang operator, hoho. Tapi nggak ada salahnya lo Kak dicoba.


Emmm, tapi, maaf nih ya. Kak Wenny… masih cocok kan baca teenlit? HAHAHAHA *kabuuur*
(HAI, APAKAH ANDA SEDANG MENGUMUMKAN PADA DUNIA BAHWA SAYA SUDAH TIDAK TEEN LAGI?) (tapi iya sih hiks).

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya merasa, mungkin, wawancara kali ini akan menjadi jauh lebih baik kalau yang bikin pertanyaan bukan saya hahaha...

Dear Dowoon, kamu salah arah, nak.
Demikian bincang-bincang asyik saya bersama Bintang. Buat kamu yang masih ingin kepo-kepo kepada beliau (atau ada gadis SMA yang berminat untuk mengakhiri masa jomblonya), kamu bisa temui Bintang di akun twitter atau blog bukunya.

Dan selamat menunaikan ujian nasional buat Bintang ^^

(Iya, Bintang masih belum lulus SMA, Ya Tuhan, saya merasa tua sekali.)

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca juga post #BBIHUT6 Marathon yang lain:



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jangan lupa ikutan giveawaynya:


credits:
thanks to
Bintang di langit kerlip engkau di sana;
asialive365.com
for the cute Yoon Dowoon .gif
and OT6 Day6 I love them very much.




20 comments:

  1. Waahhh seru banget artikelnya. Ngakak pas baca caption di bawah fotoku. Apan2an terdakwa? Hahahaha. Share deh

    Tapi terima kasih banyak ya kk Wenny sudah berkenan mengundang Bintang untuk eksis di Widy Bookie. Sukses untuk kita semua!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses selalu, bintang ^^

      Delete
  2. Dan semua orang bangga menjadi anggota BBI! Yeay! me too.

    Salam kenal, Kak Wenny :D

    ReplyDelete
  3. Waaah. Adara Kirana recommended banget, ya? Disebut-sebut terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, sering banget beliau disebut. mau coba baca, mbak?

      Delete
  4. Whoaa... sama kaya Bintang. Aku juga walau suka genre thriller, tp yang eksis di blog malah romance. Hahaha... *toss*

    ReplyDelete
  5. Kalau kamu saja merasa tua lalu aku apaa, ween.Halo Bintaaang, salam kenaal yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senior aja lebih pantas, hehe. Salam kenal juga kk vina :)

      Delete
  6. sesepuh.





    *kabur sebelum dibalang sendal*

    ReplyDelete
  7. Skip baca bagian yg nyinggung² soal tua ._.
    Tapi Bintang emang keren. Muda, beda & berbahaya. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuhh, ada yang lebih berbahaya daripada saya kok Mba, yakin. Haha. Tapi, makasih, hehe

      Delete
  8. Aku baru ngeh kalo bintang itu cowok.. maap ya .. duh malu deh aku
    salam kenal bintang & widy juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semua orang yang baru pertama kenal saya (lewat medsos) selalu nganggapnya cewe, salam kenal juga kk Dhila

      Delete
  9. Bagus kok Bintang, masih SMA tapi kamu sudah rajin ngeblog. Semoga nanti pas kuliah lebih rajin lagi ngeblognya ya. Semoga bisa semakin meramaikan BBI :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, saya maunya juga seperti itu, konsisten. Terima kasih

      Delete
  10. Ya ampuun masak Aira (tokoh utama The Number) dibilang operator, jauh banget itu mah. Aira itu anak jenius yang lagi belajar buat melakukan hal-hal yang dilakukan remaja pada umumnya. Aku harap kak Wenny nggak merasa muak dengan tingkah Aira yang selalu belajar, belajar, dan belajar. KBBI aja udah bisa dihafal, bahkan yang dia obrolan dengan ibunya itu seputar isi buku loh. Ibunya ngasih satu buku terus Airanya disuruh baca buat didiskusiin malamnya. Kebayang nggak sih?:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olala, keluarga macam apa ini? 😂😂😂😂😂

      Delete
  11. Terima kasih sharing tuliannya mbak, udah susah payah mewawancarai Mas Bintang. Jadi kita-kita2 tu bisa tahu tentang dia dan kegemarannya, dapat tips juga sih dari perbincangannya mbak dengan Mas Bintang.

    ReplyDelete

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...