Friday, June 3, 2016

Tips Meluangkan Waktu Membaca bagi Kamu yang Sibuk


Halo, pembaca Widy Bookie yang dirahmati Tuhan ^^

Memasuki usia produktif memiliki tantangan tersendiri, salah satu tantangan itu adalah padatnya aktivitas yang harus dijalani. Mulai dari aktivitas akademik, kegiatan kemahasiswaan, bekerja untuk membeli beras dan sebongkah berlian, berbagi kasih sayang bersama suami dan anak-anak kapan punya suami dan anak-anak, Wen?, dan kegiatan-kegiatan lain. Kadang, kegiatan-kegiatan yang padat itu membuat kita kekurangan waktu luang untuk menjalani hobi.

Salah satu hobi yang kadang terabaikan oleh seabrek aktivitas kita adalah membaca. Padahal, membaca bukanlah sembarang hobi. Membaca merupakan sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat, karena dengan membaca kita bisa memperoleh pengetahuan baru yang sangat mungkin akan sangat bermanfaat bagi aktivitas-aktivitas kita tadi. Wawasan kita semakin luas, dan tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi kita.

Meluangkan waktu untuk membaca bagi generasi sibuk saat ini merupakan hal yang cukup sulit, padahal kita tahu bahwa membaca memiliki sangat banyak manfaat. Karena itulah, kali ini Widy Bookie menghadirkan tulisan super dengan tajuk:

Tips Meluangkan Waktu Membaca bagi Kamu yang Super Duper Sibuk


source

Aku sendiri pernah mengalami masa-masa paling sok sibuk tahun lalu, ketika aku disibukkan dengan berbagai proyek dan persiapan kompetisi marching band. Jumlah bacaanku menurun dan aku lebih banyak membaca buku yang berhubungan dengan proyek dan akademis. Walau jumlah bacaanku menurun, namun tidak terlalu banyak. Jumlah bacaan sih nggak terlalu terpengaruh, tapi kehidupanku sebagai blogger yang banyak terpengaruh. Walau tahun ini aku akan disibukkan dengan KKN dan skripsi, jumlah bacaanku harus tetap banyak. Kan udah bikin artikel ini, masak mau jadi orang muna?

---------------------------------------------------------------------

Jadi, yuk kita simak tips meluangkan waktu membaca bagi kamu yang sibuk versi Widy Bookie:

source


1. Bawa bacaanmu ke manapun kamu pergi

Ini adalah tips yang sangat efektif menurutku. Dengan membawa bacaanmu ke manapun kamu pergi, jika pada saat-saat tertentu, misalnya saat break jam kuliah dan tiba-tiba kamu kangen sama tokoh fiksi yang semalam kamu baca dan penasaran dengan kelanjutan konfliknya, kamu bisa langsung buka bukunya dan cus baca.

Aku sendiri biasanya selalu membawa satu buah buku cetak untuk kubawa ke manapun. Buku ini biasanya memang buku yang belum habis kubaca. Aku tipe pembaca monogami yang selalu fokus pada satu bacaan saja sampai bacaan itu habis (imbasnya aku juga melakukan monogami ini untuk hal kuliah, dan ini membuatku kesulitan saat menjelang UAS macam sekarang ini) (iya, ini emang curhat) sehingga aku memang hanya selalu menghabiskan satu buku (sekaligus hanya membawa-bawa satu buku ke mana-mana).

Buat kamu tipe poligami yang bisa membaca beberapa buku dalam satu waktu, kamu bisa membawa beberapa bukumu, namun pastikan jangan terlalu banyak agar tidak menimbulkan beban hidup buat tasmu. Cukup dua buah saja, atau tiga.

Atau untuk lebih praktisnya, kamu bisa membawa e-bookmu. Kamu bisa memenuhi kindle reader atau gadgetmu dengan ribuan e-book (kalau kamu mau) (dan punya duit buat beli) tanpa harus menambah massa isi tasmu. Ukuran file sebuah e-book juga tidak terlalu besar dibandingkan ukuran film kesayanganmu, jadi masih aman buat memori gadgetmu.

2. Tetapkan target utama

Tips efektif lainnya adalah menetapkan target bacaan. Misalnya, Goodreads Reading Challenge akan membantumu menetapkan berapa target buku yang akan kamu baca dalam setahun, juga akan dengan setia mengingatkanmu kalau progress membacamu melambat atau kurang dari target yang kamu tetapkan.

Selain Goodreads Reading Challenge, kamu juga bisa mengikuti reading challenge yang diadakan oleh beberapa blogger buku, atau menetapkan reading challengemu sendiri (target membacaku yang kayaknya nggak bakal kesampaian: baca buku Farmakoterapi-nya om DiPiro dari awal sampai kelar, yang berapa ribu halaman itu).

source

3. Tetapkan target jangka pendek

Ketika kamu sudah membuat target besar jangka panjang, jangan pernah lupa untuk menetapkan target jangka pendek. Misalnya, sehari minimal membaca seratus lembar novel dan 20 lembar e-book DiPiro, atau sehari minimal membaca selama satu jam. Dengan begitu, kamu akan semakin terbiasa untuk tetap membaca meski sibuknya urusan duniawi membelenggu indahnya kehidupanmu sebagai kutubuku eak.

4. Membaca saat waktu luang

Ketika kamu merasa tidak produktif, nggak ada yang harus dilakukan, atau sedang gabut, bukalah bukumu dan bacalah. Misalnya, saat menunggu antrian, atau sedang berada di kendaraan umum, saat menunggu pacar yang nggak datang-datang, atau gabut time lainnya. Aku sendiri merasakan, membaca adalah kegiatan yang bisa menyelamatkanku dari nonproduktivitas. Namun aku pribadi tidak pernah membaca saat sedang berada di kendaraan umum karena goyangan kendaraan itu membuat mataku sakit. Aku lebih memilik mendengarkan musik saat di kendaraan.

5. Baca buku-buku yang kamu suka

Percayalah, membaca buku-buku yang kamu suka akan membuat progress membacamu menjadi sangat cepat tanpa kamu harus berusaha. Ketika urusan akademis atau pekerjaan mulai membuatmu pusing, bacalah buku-buku dengan genre atau penulis yang kamu favoritkan, selain akan mempercepat progress membacamu, juga akan menjadi stress reliever buatmu.

Membaca tidak akan menambah bebanmu, just relax your day and read! ^^

source

6. Dokumentasikan progress membacamu

Sudahkah kamu mencatat, buku apa saja yang sudah kamu baca dan berapa jumlah buku yang sudah sukses kamu tuntaskan? Untukku, mencatat semuanya lewat goodreads sudah cukup membantu, namun kamu bisa mendokumentasikannya di tempat lain jika kamu mau. Bagiku pribadi, mendokumentasikan buku yang sudah kubaca membuatku terpacu untuk ingin membaca lagi, lagi, dan lagi...

7. Buatlah prioritas

Kamu tahu kegiatanmu sendiri. Ketika kamu merasa memiliki waktu untuk membaca, bacalah. Membaca adalah hobi yang harus dijalani dengan perasaan enjoy dan tidak perlu memebrikan tekanan pada diri sendiri. Ketika kamu merasa ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan dulu, kerjakanlah. Membaca memang menyenangkan, namun tanggung jawab tetap tidak boleh dilupakan. Jangan pernah memaksakan diri. Just enjoy your work and relax.

---------------------------------------------------------------------


Nah, itu dia tips meluangkan waktu membaca bagi kamu yang sibuk versi Widy Bookie. Ada banyak lagi tips membaca bagi kamu yang sibuk di internet sana yang juga bisa kamu jadikan referensi. Ingatlah, membaca adalah hobi yang sangat bermanfaat dan tidak sepatutnya kamu tinggalkan begitu saja di saat kamu sibuk, namun kamu juga nggak boleh melupakan tanggung jawab yang sudah diberikan kepadamu. Selamat melanjutkan harimu dan tetap semangat!! :)


--widywenny^^
creds: .gif by onehalyu.com

6 comments:

  1. Nice tips mba tapi menurut saya pribadi paling utama niatnya hehehe..kalau uda niat baca pasti deh langsung lahap bacanya meski sibuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. modal utama biar tetep bisa baca meski sibuk emang niat sih ya :)

      Delete
  2. Kalau saya biasanya membagi waktu untuk membaca sih, istilahnya curi-curi waktu.
    Bangun jam 4 lalu baca buku, di dalam kelas kalau tidak ada yang penting baca buku. Nanti setelah malam ada kesempatan setelah belajar baca buku, intinya ada target minimal per hari berapa halaman yang harus diselesaikan insyaallah bisa kayanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener bgt tuh memanfaatkan setiap ada waktu luang, makasih udah share pengalamannya mbak :)

      Delete
  3. Prioritas sering lewat gara-gara keasyikan baca media sosial. Oooh bukuuu...gagal lagi deh dibaca. Maksih tipsnya mbak. Sangat kunantikan :) Makasih juga udah ikutan GAnya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh medsos kadang emang bikin kita lupa baca :" makasih juga buat GAnya mbak.

      Delete

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...