Monday, October 31, 2016

Serunya Ngeblog Bareng Wifi.id



Halo, pembaca Widy Bookie!

Dewasa ini, akses internet sudah sepeti kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh semua orang, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang pendidikan dan kepenulisan. Salah satu pekerjaan yang membutuhkan akses internet adalah blogger, karena, bagaimana blogger bisa berkarya jika akses internet saja tak punya?

Lebih dari sekedar akses internet, saat ini kebutuhan telah meningkat menuju akses internet yang stabil, praktis, dan dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut merupakan bukti nyata dari #IndonesiaMakinDigital. Sayangnya, tidak semua provider bisa menyediakan hal-hal tersebut. Bagiku, salah satu hal yang membuat akses internet terhambat adalah adanya naluri untuk berhemat kuota jika menggunakan provider yang menetapkan batas kuota.

Bagi kita yang selalu terpaku pada kuota, dan was-was jika sewaktu-waktu kuota kita habis, tampaknya akan menjadi kabar gembira jika ada opsi lain yang menawarkan akses internet tanpa batas.

Pertama kali aku mengenal wifi.id adalah ketika aku tinggal di Bulaksumur Residence, salah satu asrama putri di kampus Universitas Gadjah Mada. Saat itu aku iseng mencari koneksi wifi, berharap ada pundi-pundi UGM-Hotspot di sana. Alih-alih UGM-Hotspot, aku justru menemukan wifi bernama free@wifi.id yang ternyata menawarkan akses internet gratis dengan kecepatan luar biasa. Saat itu, rata-rata kecepatan download adalah seribu sekian kilobyte per detik (dimana bagiku yang selama ini tinggal di kota kecil adalah kecepatan download luar biasa cepat) dan kemampuan steaming youtube tanpa buffering sama sekali. Sayangnya, aku cuma punya kesempatan satu tahun untuk tinggal di sana dan, selamat tinggal wifi dengan akses tanpa batas. Selamat datang bayang-bayang kuota.

*nangis gelesotan*

Di kosku yang baru, aku tak berharap banyak. Aku hanya berharap pada provider internet berkuota yang selalu membuatku was-was jikalau suatu saat kuotaku habis saat sedang asyik-asyiknya ngedeadline tugas. Sehingga aku menggunakan kuota yang ada dengan seirit mungkin, sampai-sampai aku nggak pernah buka youtube dan hanya menghidupkan paket data setiap sekian jam sekali. Sampai sempat ada temanku yang tanya kenapa aku orangnya slow respond. Ya gimana mau fast respond ya, kan aku mau ngirit kuota, ngehidupin data kalau butuh aja, nggak bisa online terus.

Semua berubah saat aku lagi-lagi iseng ngecek pundi-pundi wifi di laptop.




Dan senangnya lagi, aku baru tahu bahwa ada banyak banget cara registrasi untuk wifi.id ini. Bisa dengan beli voucher, potong pulsa, dan macam-macam cara registrasi ini bisa kamu temukan di wifi.id. Kalau aku sih paling suka cara potong pulsa yang 50000an bisa buat akses internet sebahagianya segirang-girangnya selama 30 hari.



Sepuasnya, dalam artian sebenarnya. Kecepatan download yang tinggi (up to 3Mbps) dan streaming tanpa buffering (jarang banget khilaf) membuatku kini akrab dengan youtube dan download file bergiga-giga. Bukan cuma itu, kemampuannya untuk mengakses internet berpuluh-puluh tab di browser (tipikal mau ngerjain laporan) juga nggak seret. Bahkan ketika orang-orang mengandalkan music player macam Win*mp atau paling pol Spoti*y atau Jo*x untuk memutar musik pengiring, aku menggunakan, coba tebak, youtube #orangkaya #sokdeh.



Handphoneku sendiri bukan 4G, tapi aku merasa nggak butuh 4G selama di kosku masih bisa mengakses wifi.id. Bahkan aku merasa akses internet ponsel dengan wifi.id masih lebih cepat dibandingkan 4G. Wahaha (?)

Nah, sebagai blogger, manfaat akses internet cepat tanpa batas milik wifi.id ini tentunya sangat berguna. Aku bisa langsung ngedraft di dasbor setiap kali punya ide posting baru, tanpa harus menyimpannya di memori laptop dulu. Setiap ada buku baru, aku nggak pernah ketinggalan infonya karena aku bisa mengakses internet kapan saja aku mau. Aku selalu update soal film baru dan berkesempatan untuk nonton teasernya dulu karena mengakses youtube bukan lagi barang mewah untukku.

Dan sekarang aku jadi orang fast respond karena selalu buka line dan whatsapp dong hehehe...



Cepatnya koneksi internet ini juga tentu saja sangat bermanfaat dalam perkembangan akademikku. Banyaknya pustaka dan jurnal yang ada di internet mempermudahku dalam mengerjakan timbunan tugas-tugas kuliah, termasuk *uhuk* skripsi. Tentu saja menyenangkan memiliki akses internet secepat ini di kos karena aku tak perlu touring kampus dulu demi mencari sesuap wifi kampus yang aksesnya belum merata di semua sudut kampus.

Internet ini membuatku termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat dan sempurna.

Saat ini sudah banyak banget spot wifi.id, terutama di kota besar seperti Sleman ini. Bahkan sekarang wifi.id sudah sampai ke kota-kota kecil. Untuk fasilitas akses internet supernya, menurutku wifi.id murah banget! Dan udah nggak perlu pusing-pusing lagi kalau masa berlaku paketnya habis, nggak perlu bingung beli voucher juga karena bisa beli paketnya pakai pulsa.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Nah, itu tadi ceritaku tentang betapa indahnya hidup dengan adanya akses wifi.id di kosku. Gimana dengan kalian, udah pernah nyoba wifi.id, atau justru udah jadi pelanggan setianya? Ceritain juga dong kesan kalian selama pakai wifi.id ^^, 

Artikel ini disertakan dalam kompetisi Lomba Bercerita #IndonesiaMakinDigital.

this post is listed to Random Freeday section, posted earlier because of, hm, deadline.
creds: wifi.id & tumbr
widywenny

8 comments:

  1. memang ya dunai digital sdh maju makanya internet penting dengan penyedia layanan yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, internet kencang udah jadi kebutuhan.

      Delete
  2. Keren, menginspirasi untuk semakin digital..

    ReplyDelete
  3. Jadi ini reviewnya tentang inspirasi wifi rumahan bagi blogger yang sukanya mager. Pilihan tepat bagi pemimpi sinyal super, dan dak kembut-kembutan apa lagi waktu hujan. Itu saya banget.. Makasi ya inspirasinya :D Kereeen!
    Sukses untuk blog competition-nya..

    ReplyDelete
  4. Dengan telkom ngeblog jadi lancar ya mbak? Sukses slalu ya?

    ReplyDelete

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...