Thursday, April 18, 2013

[Review] Partikel by DEE

Judul : Partikel

Penulis : Dee

Penerbit : Bentang Pustaka

Terbit : 13 April 2012

Halaman : 508

Rating : 5-stars


Buku ini bercerita tentang pencarian seorang Zarah Amala, putri sulung dalam keluarganya. Ayahnya, Firas, seorang dosen dan ahli mikologi, mendidiknya secara non konvensional. Cara mendidik Firas terhadap Zarah ini mendapat pertentangan yang sangat keras bahkan dari keluarganya sendiri. Hingga di dalam keluarga itu terbentuk dua kubu: Firas-Zarah dan Hara (adik Zarah)-ibunya.


Firas, yang kian hari kian menampakkan sisi misteriusnya, akhirnya diketahui memiliki hubungan dengan Bukit Jambul, sebuah tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat sekitar. Hingga suatu saat, istri Firas melahirkan seorang bayi laki-laki setengah ular, dan semua orang percaya bahwa hubungan Firas dengan Bukit Jambul adalah penyebabnya.

Di tengah ketidakpercayaan masyarakat, terutama keluarganya sendiri kepada Firas, Firas mendadak hilang. Dari sinilah pencarian Zarah Amala dimulai.

Pencariannya dimulai ketika ia mendapat kesempatan untuk mengabdikan dirinya di Tanjung Puting, Kalimantan. Di sanalah ia akhirnya menemukan kembali kecintaannya kepada alam, yang telah ditumbuhkan ayahnya melalui pendidikan non formalnya.

Namun bakat fotografi Zarah membawanya ke London. Di sana ia menemukan sahabat lamanya, cintanya, juga pengkhianatan terhadapnya. Ia pun menemukan petunjuk besar menuju titik terang pencariannya.

Diceritakan pula bagaimana tokoh dalam seri Supernova sebelumnya, Bodhi dan Elektra, akhirnya bertemu.

Overall novel ini keren. Sangat keren. Firas dan Zarah banyak mengajarkan kita ilmu tentang biologi dan mikologi, pun tentang eteogen. 

Atas kepandaian DEE memberikan begitu banyak ilmu lewat buku ini dan kelihaian DEE mengalirkan ceritanya hingga aku seperti merasakan sendiri petualangan Zarah, lima bintang aku berikan ^^

No comments:

Post a Comment

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...