Friday, April 15, 2016

[Review] Secret Admirer - Karizza Rakmavika

Judul: Secret Admirer

Penulis: Karizza Rakmavika

ISBN13: 9797805980

Penerbit: Gagasmedia

Jumlah halaman: 196

Tanggal terbit: Oktober 2012

Tanggal baca (ulang): 14 April 2016

Rating: 2/5

"Aku sengaja tidak memberi tahu bahwa aku tahu dirimu siapa karena aku ingin menemuimu dengan keadaan seperti ini." (page 174)




Dalam gelap, aku tak bisa melihat
sebiru apa langit itu.

Aku terlalu nyaman dengan rahasia ini.
Aku menyelipkan perasaanku di antara
keseharianku. Aku memilih sendiri. Menyepi.
Membenci diri yang tak bisa jujur padamu.

Sesungguhnya, aku tak tahan lagi.
Semakin besar kurasa jarak di antara
kita. Kau semakin sulit kuraih—dengan
atau tanpa sunyi di bibirku ini.
Dan aku mulai bosan dengan gelap.
Jenuh dengan segala rahasia.

Karenanya, hari ini, kuputuskan untuk
berterus terang padamu. Bertanya dengan
segenap tetes keberanianku,
“Maukah bersamaku menikmati birunya langit hari ini?”

Gaea, peserta tim olimpiade ekonomi sekolahnya yang mendedikasikan dirinya untuk belajar dan hal-hal bermanfaat lainnya, tiba-tiba mendapatkan tugas suci dari gurunya untuk memberikan pelajaran tambahan untuk Thor, teman sekelasnya yang ogah-ogahan belajar dan suka banget nyanyi-nyanyi dan nari-nari nggak jelas di kelas. Gaea menyesal sudah membuang-buang waktunya untuk mengajari anak satu ini, apalagi waktu Gaea menjelaskan pelajaran, Thor malah nonton video dance antah berantah yang tidak dimengerti Gaea.

Gaea berubah pikiran ketika melihat sendiri Thor dan keempat temannya berjuang keras untuk meraih mimpi mereka menjadi idol. Gaea suka dengan mereka yang mengejar mimpi mereka dengan semangat dan bahagia menjalani masa persiapan debut mereka.

Namun muncul sosok Pandora, teman satu sekolah mereka yang katanya juga calon artis. Cantik, tinggi, dan ditaksir Thor sejak lama. Dan belakangan ini mulai memberikan respon terhadap Thor.  Semua baik-baik saja sampai Gaea sadar mengapa Pandora memutuskan untuk mendekati Thor.
Pandora sedang berusaha untuk memanfaatkan Thor!

Dan apa yang Pandora katakan pada Gaea?

“Akan aku buat kamu mengerti perasaanmu terhadap Thor.”

---

Aih, beginikah rasanya punya teman seorang artis?
Secret Admirer oleh Karizza Rakmavika menampilkan cerita remaja yang ringan, ceria, menghibur, dan cukup dibaca dalam beberapa jam saja.

Ya, tentu saja, cerita ini bersetting di Indonesia, walaupun rasa Koreanya kental banget. Beberapa istilah di dunia hiburan Korea digunakan pula di sini, seperti debut, comeback, trainee, dan beberapa istilah lain. Dan, ya, Korea banget sebetulnya.

Cerita ini berpusat dari sudut pandang Gaea sebagai tokoh utama. Gaea yang seorang siswa study-oriented dan jarang menampilkan wajah bersahabat di depan teman-temannya, dan membuat Thor tak menyangka betapa perhatiannya Gaea pada dirinya. Yang aku suka dari setiap penokohan dalam cerita adalah adanya progress menuju pribadi yang lebih baik pada tokoh itu, dan pengarang mewujudkannya pada diri sang tokoh utama. Like it!

Jalan ceritanya mengalir dengan baik walaupun kadang terkesan buru-buru dan nggak detail (and that’s why ini novel saking tipisnya bisa dipakai buat kipasan). Ide ceritanya cukup segar. Endingnya bikin orang bahagia.

Typonya banyak ya. Sudah berbenahkah Gagasmedia sekarang?

Covernya, blurbnya, ah, sang penerbit memang jagonya masalah ini. Ini kelebihan sekaligus kekurangan, menurutku. Kekurangannya, kadang beberapa kasus isi bukunya mengecewakan kalau dibandingkan dengan cover dan blurb yang ciamik.



Over all, Secret Admirer cocok buat kamu yang memburu cerita remaja dengan  cerita yang ringan dan segar.

No comments:

Post a Comment

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...